Mengenal Lebih Dekat Platy Ekor Pedang (Swordtail) - Ikan Hias Aquascape Yang Menawan

Platy ekor pedang merupakan ikan hias yang sangat diminati oleh penggermar aquascape. Ikan ini memiliki beragam varian warna dan bentuk sirip yang sangat menawan. Harganya pun cukup terjangkau dan perawatanya juga tergolong mudah. Ikan platy ekor pedang pada umumnya dikenal juga sebagai Swordtail. 

Swordtail yang pada umumnya diperdagangkan sebagai ikan hias memiliki nama latin Xiphophorus Hellerii. Namun, ada spesies lain yang juga memiliki ekor pedang. Di Indonesia, semua ikan dalam genus Xiphophorus pada umumnya diklasifikasikan sebagai platy. Namun, tidak semua platy memiliki ekor pedang. Contohnya Xiphophorus maculatus dan Xiphophorus variatus.

Ikan yang tergolong dalam genus Xiphophorus bisa melakukan cross-breeding. Misalnya, ikan platy ekor pedang bisa saja cross-breeding dengan ikan platy coral biasa.

Ikan hias Swordtail akan membuat akan membuat aquarium kalian menjadi lebih enak dipandang. Seperti namanya, ikan yang satu ini memang memiliki ekor yang menyerupai pedang! Bentuk ekor yang unik ini membuat swordtail menjadi salah satu ikan terlaris di  tahun 2021.

Membedakan ikan Platy Swordatail jantan dengan betina 

Perlu kalian ketahui, hanya Swordtail jantan sajalah yang memiliki ekor berbentuk pedang. Sementara itu, Swordtail betina memiliki ekor seperti kipas. Walaupun tidak memiliki ekor seindah sang jantan, Swordtail betina memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih lucu.  

Hi-Fin Pineapple swordtail fish jantan
Hi-Fin Pineapple swordtail fish jantan.

 Ikan swordtail betina memiliki bentuk tuhuh yang lebih gemuk dan bulat sehingga memberikan kesan menggemaskan. Sementara itu, Swordtail jantan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping sehingga terkesan lebih cool.

Selain itu, Swordtail jantan memiliki sirip bawah, atau sering disebut juga sebagai sirip anal, yang berbentuk panjang dan lancip seperti duri. Sedangkan ikan Swordtail betina memiliki sirip anal yang berbentuk segitiga atau kipas.

Sirip anal Swordtail jantan bisa disebut juga sebagai Gonopodium. Sirip ini membantu penjantan untuk melakukan perkawinan.

Variasi warna ikan hias platy ekor pedang

Warna Swordtail bervariasi tergantung dengan jenisnya. Berkat crossbreeding, kita bisa menemukan Swordtail yang memiliki corak yang mempesona. Ada yang memilik warna merah-putih, merah-pekat, hitam-merah, kuning-merah, oranye, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa variant platy ekor pedang berdasakaran corak warnanya:

  • Kohaku, memiliki warna merah-putih menyerupai ikan Koi kohaku
  • Hamburg, memiliki warna merah-hitam. Sebagian besan besar tubuh ikan ini berwana hitam mengkilat.
  • Pineapple, memiliki warna oranye dan punggung merah.
  • Bloodred, memiliki warna merah pekat seperti darah, salah satu variant yang langka.
  • Simpson, memiliki tubuh berwarna merah dan sirip hitam.

Klasifikasi ikan hias Swordtail  berdasarkan bentuk sirip dorsal

Ikan platy ekor pedang juga memiliki bentuk sirip dorsal yang meningkatkan estetika ikan ini. Sirip dorsal adalah sirip yang terletak pada atas atau bagian punggung ikan.

Semakin panjung dan lebar sirip punggung Swordail, semakin tinggi kualitas ikan tersebut. Berikut adalah klasifikasi ikan Swordtail berdasarkan bentuk sirip atas:

  • Short-fin, sering juga disebut sebagai bondol. Sirip dorsal pendek dan cenderung dianggap kurang menarik
  • High-fin, atau Hifin. Sirip punggung lebih panjang daripada umumnya.
  • Sail-fin, atau sirip layar, merupakan variasi dari tipe High-fin. Sirip atas cenderung lebar dan panjang. Ikan platy swordtail bisa melipat atau membentangkan sirip dorsal secara bebas.
  • Firecracker, sirip dorsal lebar dan panjang namun lebih tebal. Lipatan sirip dorsal tampak mecolok.
  • Cauliflower, sirip dorsal sangat panjang, tidak transparan, dan memiliki lipatan yang ekstrim.

Bentuk sirip dorsal pada Swordtail dipengaruhi oleh genetik yang tidak stabil. Artinya, indukan Swordtail bersirip high-fin belum tentu akan melahirkan anakan yang juga memiliki dorsal high-fin semua. Pasti ada sebagian anakan yang hanya memiliki sirip dorsal short-fin.

Variasi bentuk sirip dorsal ini bisa ditemukan dalam semua variasi jenis ikan Swordtail. Misalnya, ada Hamburg short-fin, Hamburg firecracker, Kohaku short-fin, Kohaku high-fin, Bloodred high-fin Bloodred cauliflower, dan seterusnya.

Semakin panjang sirip dorsal Swordtail, semakin tinggi kualitasnya, dan semakin mahal pula harganya. Jika kalian adalah penghobi ikan hias baru, sebaiknya pilihlah Swordtail yang memiliki sirip dorsal short-fin, high-fin, ataupun sail-fin. Varian tersebut tergolong mudah untuk dirawat.

Jenis sirip cauliflower dan firecracker cenderung lebih susah untuk dirawat karena lekukan sirip yang ekstrim bisa menjadi sarang penyakit. Perawatan untuk Swordtail yang memiliki kedua jenis sirip dorsal ini lebih intensif.

Tips memilih Swordtail Fish untuk aquascape

Agar aquarium aquascape kalian terlihat lebih cantik, maka pilihlah Swordtail yang memiliki variasi warna yang serasi dengan ikan lainya. Swordtail pada umumnya tidak aggresive. Namun, pertimbangkanlah ukuran aquarium karena ikan ini bisa teritorial. Aquarium kecil bisa memicu perkelahian antar ikan.

Jika aqauarium anda besar, belilah minimal 3 ekor swordtail, 1 jantan dan 2 betina. Hal ini penting dilakukan karena Swordtail adalah ikan yang suka bersosial. Namun bila ukuran aquarium sedang, setidaknya belilah 1 pasang Swordtail, 1 jantan dan 1 betina.

Saat ini Swordtail berjenis Hamburg dan Pineapple yang memiliki dorsal high-fin sangat diminati untuk aquascape. Swordtail tipe Kohaku dan Bloodred juga memiliki peminat tinggi bagi penghobi yang menginginkan ikan berwarna lebih mencolok.

Swordtail dewasa bisa mencapai ukuran 10-15cm. Untuk aquascape sebaiknya beli yang masih remaja umur 4-5 bulan yang berukuran sekitar 5cm.

Simak selalu Embun Jogja untuk informasi lebih lanjut tentang Swordtail dan ikan hisa lainya. Bagi kalian yang berminat untuk membeli Swordtail dengan jenis, jumlah, dan kualitas tertentu, silahkan hubungi editor di editorembun@gmail.com atau Whatsapp 085743096954 atas nama Zulfikar.

Comments